Sistem Kopling Suzuki Sky Drive

Pengenalan dan Fungsi Kopling

Kopling adalah  penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol. Pada umumnya kopling terletak diantara primer reduksi dan transmisi, atau untuk tipe lain terletak pada poros engkol. Ada dua jenis kopling yang digunakan pada sepeda motor, yakni:

  1. Kopling Otomatis atau kopling sentrifugal
  2. Kopling Manual

Karena pembahasan topik bertemakan system kopling pada Suzuki Sky Drive, dimana system kopling yang digunakan adalah otomatis, maka kopling yang akan dibahas adalah hanya kopling otomatis atau kopling sentrifugal

Kopling Sentrifugal

Kopling sentrifugal adalah kopling yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal, yang menghubungkan serta memutuskan tenaga mesin, tergantung dari putaran mesin itu sendiri. Saat putaran mesin idle (diam), kopling ini tidak menyalurkan daya sama sekali. Tetapi, saat putaran mesin mulai naik sampai suatu titik tertentu (sekitar ¾ dari kecepatan angular poros kopling), akibat gaya sentrifugal yang terjadi pada kopling, mengakibatkan kopling mulai mengembang dan menghubungkan daya dari mesin ke roda.

Apabila putaran mesin naik sampai titik tersebut maka kopling akan langsung bekerja membuat roda bergerak. Pada saat mesin berputar lambat, kanvas dan pelat kopling masih dalam kondisi renggang sehingga putaran mesin dari poros engkol belum terhubung menuju transmisi dan roda belakang.

Pada saat putaran mesin bertambah gaya sentrifugal mulai bekerja pada pemberat kopling sehingga pemberat kopling tersebut bergerak.menekan.pelat.kopling. Hal tersebut akan menghasilkan merapatnya kanvas dan pelat kopling sehingga putaran mesin dan poros engkol dihubungkan ke transmisi dan dilanjutkan ke roda belakang.

Percepatan yang tidak terasa

Saat mesin berakselerasi, awalnya putaran mesin akan naik hingga mencapai range putaran mesin tertentu yang sesuai terhadap beberapa variabel di sistem CVT-nya (pegas pada pulley, beratnya roller, dll). Setelah itu, putaran mesin akan relatif konstan, walaupun percepatan akan terus naik. Karena saat itulah sistem CVT-nya mengubah rasio yang membuat putaran roda makin cepat sementara putaran mesin relatif konstan (gearing up).

Pengendara kendaraan dengan transmisi konvensional biasa mengukur kecepatan kendaraannya berdasarkan kecepatan putaran mesin karena untuk transmisi non-CVT, tiap satu gear percepatan, rasio antara putaran mesin dan putaran roda adalah tetap. Pengendara tersebut bisa jadi tidak mengharapkan kecepatan kendaraan bertransmisi CVT bertambah saat kecepatan putaran mesin relatif konstan, dan tidak menyadari kecepatan kendaraannya terus naik

Susunan pemasangan komponen – komponen pada kopling sentrifugal menempatkan kanvas kopling dan pelat kopling pada kondisi yang renggang(tidak menempel), hal ini berbeda dengan susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling manual, dimana antara pelat dan kanvas kopling ditempatkan pada kondisi  yang saling menempel (rapat).

Kopling Sentrifugal Pada Motor Suzuki SkyDrive dan Mekanisme Kerjanya

Kopling Sentrifugal pada motor matic Sky Drive memiliki perbedaan dengan kopling sentrifugal pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada desain kopling SkyDrive yang memiliki shoe berbentuk seperti cakram yang akan mengembang saat mesin berputar kencang.

Pada saat mesin berputar lambat, shoe belum menempel pada klaim housing sehingga kendaraan belum bisa berjalan, tetapi saat mesin mulai berputar cepat, gaya sentrifugal yang bekerja pada pemberat kopling mengakibatkan pemberat kopling tersebut bergerak.menekan shoe, sehingga akan mengembang hingga menempel pada klaim housing sehingga membuat poros roda bisa ikut berputar.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: